tips

Manfaat Root HP Serta kelebihan dan kekurangannya

lapakhp.com - Bagi kamu yang berniat untuk melakukan root hp tentunya bertanya- tanya apasih manfaat melakukan root pada hp atau smartphone, lalu apa pula kelebihan dan kekurangan hp yang telah di root.

kelebihan dan kekurangan root hp android

Sebelum memasuki pada pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Hp yang telah di root, ada baiknya kamu mengetahui telebih dahulu apa itu istilah Root pada hp atau smartphone.

Rooting adalah suatu proses yang memungkinkan pengguna handphone, smartphone, tablet, ataupun perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (akses penuh atau dikenal dengan istilah "superuser") sebagai administrator (dikenal sebagai 'akses root') dalam subsistem program Linux Android. Jadi dengan melakukan root, pemilik hp dapat mengontrol penuh hp yang ia miliki, bahkan dapat masuk lebih dalam ke sistem dan melakukan oprek ataupun modifikasi pada sistem android yang dimiliki.

Ada berbagai macam cara root HP Android. Cara tersebut antara lain rooting melalui PC/komputer ataupun melalui HP langsung. Dibutuhkan software atau aplikasi untuk me-root HP. Kamu dapat memilih sendiri aplikasi mana yang kompatibel dengan HP.

KELEBIHAN ROOT HP ANDROID

  1. Bikin HP Ngebut, kinerja perangkat smartphone sebenarnya dapat di tingkatkan sehingga menjadi lebih tinggi, lebih cepat alias ngebut. adapun istilah untuk meningkatkan kinerja perangkat ini di kenal dengan overclock. Overclock hanya dapat di terapkan pada perangkat hp yang telah di root. Banyak aplikasi yang dapat di gunakan  untuk overclock hp.
  2. Bebas Install Aplikasi dan Game, dengan memiliki hp yang sudah di root, kamu bebas menginstall berbagai macam aplikasi maupun game, karena pada kenyataannya tidak semua aplikasi maupun game dapat di jalankan pada hp yang belum di root, dan aplikasi atau game tersebut membutuhkan akses super user agar dapat berjalan. 
  3. Buang Aplikasi Bawaan, setiap hp memiliki aplikasi bawaan dan terkadang aplikasi tersebut tidaklah terlalu penting. Namun meskipun begitu kamu tidak akan dapat menghapus aplikasi tersebut. Tapi beda cerita jika hp kamu sudah di root, dengan perangkat hp yang sudah di root kamu bebas menghapus aplikasi bawaan hp yang tidak penting.
  4. Bisa Custom ROM, Smartphone Android standar biasanya hanya mempunyai tampilan yang tidak begitu bervariasi. Namun dengan rooting kamu dapat menjadikan tampilan Android kamu beda dari yang lain. Dengan Custom ROM, penampilan Android kamu bisa lebih keren, ada banyak fitur unik yang bisa ditambahkan sehingga Android kamu bisa terlihat lebih top. 
  5. Blokir iklan, pernahkah kamu kesal ketika sedang asik bermain game ataupun membuka aplikasi yang ada di HP tiba tiba muncul iklan Pop up yang menutupi layar hp. Iklan seperti ini terkadang sulit dihilangkan, dan salah satu cara untuk menghilangkan iklan yang muncul di HP android kamu adalah dengan menginstall aplikasi blokir iklan dari pihak ketiga seperti Adblock plus. Untuk memasang aplikasi blokir iklan sejenis ini  syaratnya HP kamu harus di root terlebih dahulu.

KEKURANGAN ROOT HP ANDROID

  1. Menghilangkan Garansi HP, jika HP kamu masih baru alangkah baiknya jangan di Root, sebab apabila di Root otomatis garansi HP menjadi hilang dan tidak berlaku lagi. Bila terjadi masalah pada HP kamu dan ingin melakukan servis bergaransi maka pihak toko ataupun produsen HP akan menolak.
  2. Tidak Menerima Upgrade OS Terbaru, pada HP android ada istilah update manual, dan menu ini dapat kamu jumpai di pengaturan ==> About device/tentang telepon==> Update. Fungsi update ini untuk memperbaharui OS android kamu jikalau telah ada versi terbarunya. Namun fitur ini akan kehilangan fungsinya jika HP kamu telah di Root. 
  3. Rentan Terkena Virus, pada HP yang telah di root seseorang dapat bebas menginstall apapun aplikasi yang ada bahkan aplikasi ilegal yang berbahaya dari sumber yang tidak jelas. Disinilah letak permasalahannya, terkadang aplikasi dari sumber-sumber yang tidak jelas seperti ini sering di sisipi dengan malware ataupun program jahat. 
  4. HP Menjadi Cepat Panas, kinerja CPU, RAM dan Baterai akan lebih optimal setelah di root dan imbasnya HP menjadi lebih cepat panas. Jika kondisi ini berlangsung lama tentu akan memperpendek umur pakai HP. 
  5. Kerusakan Sistem, Error, Bootloop, Softbrick, dan HardBrick, jika kamu sering melakukan oprek android pasti tidak asing ya dengan istilah tersebut. jika terjadi kegagalan saat melakukan root android terkadang hp mengalami masalah seperti bootloop, dimana hp tidak bisa masuk ke sistem dan menampilkan menu. Soluasinya kamu harus menginstall ulang hp kamu agar kembali seperti semula.

Melakukan root pada HP memang memiliki sisi baik dan buruk, ada kekurangan dan kelebihan yang didapat setelah HP berhasil di Root. Untuk itu pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan melakukan root pada HP.

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.